Senin, 23 Januari 2012 23:37:22 WIB

Industri Ikan Pindang Andalan Impor

pindang-n2

SUKABUMI (Pos Kota) – Pasokan ikan impor masih menjadi andalan untuk bahan baku sentra pengolahan ikan pindang terbesar di Jawa Barat yang berlokasi di Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi.

Pasalnya, pasokan bahan baku dari lokal minim, seperti ikan tongkol. Padahal, industry ikan pindang tersebut lokasinya tidak jauh dari Pantai Pelabuhan Ratu.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sukabumi, Dedah Herlina mengakui selama ini  pasokan bahan baku untuk pengolahan ikan masih berasal dari impor, seperti dari Negara Cina dan Thailand.

“Perharinya pasokan ikan rata-rata mencapai sekitar 10 ton hingga 15 ton,” jelas Dedah kepada Pos Kota, Senin (23/1).

Kendati mengandalkan ikan impor, kata Dedah, tidak lantas merugikan para nelayan local. Pasalnya, ikan impor tersebut tidak banyak ditangkap oleh para nelayan local. “Kami tidak akan melarang masuknya ikan impor ini. Sebab, para nelayan local tidak banyak memproduksi,” tegasnya.

Sementara itu, Plh Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Sukabumi, Tendi Sudama menambahkan praktek impor ikan mendapatkan pengawasan yang ketat.

Sebab, sedikit banyak masuknya ikan impor akan berimbas kepada nelayan local. Bahkan, bisa jadi mematikan mata pencaharian nelayan local. (sule/sir)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.