Apel Pagi Senin Tingkatkan Disiplin

Selasa, 31 Januari 2012
20120131-073208.jpg

CAKUNG (Pos Kota) – Agar mampu bersaing dengan bangsa lain sekaligus mengharumkan Negara Indonesia di dunia Internasional, generasi muda harus giat belajar dan meningkatkan kedisiplinan diri sejak dini. “Ilmu dan kedisiplinan merupakan kunci untuk meraih sukses,” kata Walikota Jakarta Timur, Murdhani, Senin (30/1).

Hal tersebut disampaikannya ketika memimpin apel Senin pagi di halaman SMA Negeri 48 Jakarta, Kelurahan Pinang Ranti, Kecamatan Makasar. “Terus lah belajar dan meningkatkan kedisiplinan diri dalam menuntut ilmu pendidikan baik di sekolah maupun di luar sekolah untuk menjadi sumber daya manusia yang handal dan berkualitas, sehingga dapat bersaing dengan bangsa lain serta dapat mengharumkan Negara sendiri di dunia Internasional,” tandasnya, di hadapan ratusan murid dan pengajar sekolah tersebut.

Walikota juga mengigatkan, Negara Indonesia sangat kaya akan hasil alamnya yang tersebar di berbagai pulau. Semua itu menurutnya, perlu dikelola dan dikembangkan oleh bangsa Indonesia sendiri agar jangan sampai diambil alih oleh negara lain.

Apel Senin pagi, menurut Murdhani, juga merupakan salah satu cara melatih kedisiplinan karena setiap siswa dituntut untuk tepat waktu dalam mengikuti apel. Selain itu, upacara setiap Senin pagi di sekolah ini juga merupakan suatu pembelajaran mencintai Negara sendiri.

“Kedisiplinan itu akan tumbuh apabila ada tekad dan kemauan dari pelajar itu sendiri untuk berubah menjadi lebih baik,” pesannya.

Selanjutnya, terkait dengan masalah ketidakmampuan anak siswa untuk membayar biaya sekolah, menurutnya ada kebijakan dimana sekolah dilarang mengeluarkan siswa karena faktor ketidakmampuan mereka membayar biaya sekolah. “Terkait dengan siswa yang tidak mampu membayar biaya sekolah untuk melanjutkan pendidikan, dari dinas pendidikan dan dari Pemkot juga memberikan beasiswa yang sudah digulirkan hanya memang masalahnya sangat terbatas,” tukasnya. (yulian)

TEKS FOTO: Salah seorang anggota Paskibra SMAN 48 Jakarta, menerima bendera merah-putih dari Walikota Jaktim, Murdhani, untuk dikibarkan di halaman sekolah. Senin (30/1). (yulian)

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.