Pasar Cibinong Dibangun Semi Moderen

Kamis, 9 Februari 2012 — 23:26 WIB
paser

BOGOR (Pos Kota) – Citra Pasar Cibinong, Bogor, Jawa Barat, yang dikenal kumuh, semraut dan becek bakal terhapus. Pasalnya Pemkab Bogor akan merevitalisasi pasar yang sudah berusia 31 tahun itu menjadi pasar semi modern dengan dua lantai. Sebanyak 1.049 pedagang bakal dipindahkan ke tempat penampungan sementara (TPS) di Jl. Raya Bogor-Jakarta KM-46.

“Kondisi pasar sungguh memprihatinkan. Lihat saja sendiri. Becek, kumuh, semaraut dan dari bangunannya juga sudah tak layak disebut pasar. Sebab itu April mendatang kita rehab dengan anggaran Rp 66 miliar. Kelak di pasar ini dibangun dua lantai buat 1.049 pedagang terdiri dari 664 kios dan 114 los,” ungkap Dirut PD Pasar Tohaga Cahya Vidiadi, Kamis.

Diakuinya, pihaknya sudah mensosialisasikan rencana ini dan disambut antusias oleh pedagang. Selama perbaikan , ribuan pedagang akan ditampung di samping Kantor BRI sekitar 100-an meter dari Pasar Cibinong. “Hasil pengukuran, luas TPS 9000 meter persegi dan cukup menampung pedagang,” katanya.

Agar tidak ada pedagang lain masuk ke TPS, pihaknya telah mendata dan mengunci jumlah pedagang yang ada. ”Dalam TPS nanti, tidak akan muncul pedagang yang baru,” tambahnya. Pedagang yang sudah terdaftar yang diprioritaskan mendapatkan kios atau los. Diharapkan awal 2013 Pasar Cibinong selesai pembangunanya.

Kenapa baru sekarang pasar ini diremajakan? Tanya Pos Kota. Dirut PD Pasar Tohaga menjelaskan, pihaknya terbentur Surat Hak Guna Bangunan (SHGB) Pasar Cibinong yang selama ini dikelolah sebuah pengembang. Tapi, sejak akhir Desember lalu SHGB itu sudah habis masanya lalu dikembanlikan ke Pemkab Bogor. Pembanguan pasar ini dilakukan dengan sistem Build Overide Transfer (BOT), artinya pengembang diberi hak kelola selama 5 tahun, baru kemudian diserahkan ke Pemda Kabupaten Bogor.

Sejumlah pedagang dan pengunjung pasar mengaku senang. “Pasar ini letaknya di pusat ibukota Kabupten Bogor, tapi terkenal jorok, semaraut dan lain semacamnya. Dengan direhab citra Pasar Cibinong yang jelak itu akan hilang,” kata Juanda, pedagang di los daging.

Sedangkan Ny. Asih Rohati, warga Perum BDB II Cibinong berharap setelah direhab, keberadan pedagang Kaki-5 juga harus ditata. “Percuma jika bangunannya megah dan asri, tapi di depan pasar semaraut lantaran mebludaknya pedagang Kaki-5 berjualan di badan jalan,” katanya. (iwan)

Teks gambar; Pasar Cibinong akan diremajakan April mendatang dengan anggaran Rp 66 miliar. (iwan)