Tuesday, 21 November 2017

Ketua STAI Lan Taboer

Sudah Waktunya Tingkatkan Kepekaan

Jumat, 17 Februari 2012 — 10:30 WIB
doa-sub

JAKARTA (Pos Kota) – Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta, Lan Taboer, Jakarta, Dr H Bambang Widhyatomo HM  mengatakan sudah waktunya meninggatkan kepekaan  terhadap ajaran yang disampaikan oleh ustadz, muballigh, atau pun kiai.  Jangan segala sesuatu yang diterima oleh ustadz mereka telan mentah-mentah. Ini jelas tidak benar.

Misalnya, ketika ustadz mengajarkan jihad, coba cek langsung dari Al Quran apakah memang teksnya seperti itu dan artinya juga begitu.

Masalahnya, kata  Bambang Widhyatomo  maraknya orang yang terseret masuk dalam aliran sesat dan paham-paham keagamaan lainnya, lantaran yang bersangkutan tidak punya basic keimanan yang kuat. Disamping itu mereka juga tidak punya tingkat kecurigaan yang tinggi.

“Kalau saja seseorang punya kecurigaan dan basic keimanan yang kuat, mereka tidak akan terjerumus ke dalam aliran sesat dan paham keagamaan yang menyimpang, ” katanya

Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta DKI Jakarta itu  menambahkan selama ini banyak ditemukan orang-orang yang mengaji dan diminta bayaran di luar batas kewajaran. Bagi orang-orang yang menaruh kecurigaan mereka tidak akan meneruskan. Karena bisa jadi model pengajian seperti ini akhirnya dimanfaatkan untuk membiayai gerakan-gerakan yang menyimpang dan upaya menyuburkan aliran sesat.

Menurut Bambang, ada indikasi selama ini orang-orang Islam sangat lemah dalam memahami agama. Mereka bisa jadi ikut ngaji, tapi mereka mengaji dengan pola mendengar, dan tidak dengan pola membaca dan menulis. Akibatnya mereka beragama tidak dengan ilmu.

Disamping itu mereka juga menanamkan kepekaan. Sekiranya ada hal-hal yang kurang sejalan dengan logika, segera menanyakan pada orang lain atau ustadz yang lain, sehingga mereka mendapat gambaran yang jelas tentang suatu masalah. “Jadi umat Islam harus memiliki daya tahan akidah, sehingga tidak terombang-ambing ke mana-mana,” ujarnya.

(taryonoasa/t/sir)

Foto-Ilustrasi