Sabtu, 25 Februari 2012 16:10:13 WIB

Penderita Katarak Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara

penderita-katarak

KARAWANG (Pos Kota) – Sebanyak 150 penderita buta katarak, warga tidak mampu dari beberapa kecamatan di Kabupaten Karawang, mendapat bantuan operasi mata gratis dari Sidomuncul yang bekerjasama dengan Pemkab Karawang, Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Cabang Jabar, Balai Kesehatan Mata Cikampek, GOW, PKK dan Dewan Kesenian Karawang, berlangsung di Balai Kesehatan Mata Cikampek, Sabtu(25/2).

Bantuan Operasi Katarak Gratis di Balai Kesehatan Mata Cikampek ini, merupakan kelanjutan program Corporate Social Responsibility (CSR) Sidomuncul untuk 12.000 penderita buta katarak bagi warga kurang mampu di Indonesia Tahun 2012.

Program bantuan operasi katarak untuk 12.000 penderita pada tahun ini (2012) sebelum di Karawang juga telah dilakukan kegiatan serupa yang dimulai sejak awal tahun ini, di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Mantingan, Kabupaten Ngawi, Puskesmas Mojo Agung, Jombang, BKMM Cilacap, dan RSU Wakatobi, dengan jumlah pasien yang telah dioperasi sebanyak 1.546 orang dan pasien yang telah terjadwal untuk operasi katarak tahun inI sebanyak 5.396 orang.

“Diharapkan agar program ini, bisa menjangkau sampai pelosok daerah sehingga bisa mengurangi jumlah penderita katarak, bagi warga kurang mampu di Indonesia yang terancam mengalami kebutaan ” ungkap Dirut PT Sidomuncul, Irwan Hidayat.

TERTINGGI DI ASIA TENGGARA

Program ini dilakukan karena Indonesia sampai saat ini merupakan negara dengan jumlah penderita buta katarak tertinggi di Asia Tenggara yaitu mencapai 2 juta orang dan setiap tahunnya bertambah 240 ribu orang terancam mengalami kebutaan.

Mahalnya biaya pengobatan untuk buta katarak menjadikan masyarakat enggan untuk mengobatinya. “Biaya untuk operasi mata katarak, sampai sembuh bisa menghabiskan dana Rp 3,5 sampai Rp 4 Juta,” demikian dijelaskan Ratna Widawati, perwakilan dari Sidomuncul ketika mengdi Balai Kesehatan Mata Cikampek, Sabtu (25/2).

Bupati Karawang Ade Swara, pada saat itu mengucapkan terima kasih kepada perusahaan Sidomuncul yang mau membantu masyarakat Karawang yang kurang mampu untuk dilakukan operasi mata katarak gratis, warga kami yang tadinya sudah tidak bisa membaca Al Quran, setelah dioperasi akan kembali bisa ngaji, dan melihat dunia ini dengan mata yang jernih.

Pada acara operasi mata katarak gratis di Cikampek, disaksikan Dirut RS Mata Cicendo, dr. Kautsar, Sp.M. MM, Ketua Umum Kowani, dr. Dewi Motik, Ketua Umum Perdami, Prof. Dr.dr. Nila F Moeloek, SpM(K), dan dirut Pt Sidomuncul, Irwan Hidayat, Wakil Bupati Karawang dr. Cellica Nurachadiana serta Piu, personil group Band Gigi, yang menjadi Icon, Sidomuncul. (nourkinan)

Teks foto : Bupati Karawang Ade Swara, bersama Ketua Kowani, Dewi Motik, Ketua Umum Perdani, Nila F Moeloek ketika bersama warga Karawang yang akan diprasi katarak mata gratis di BKMM Cikampek. (nourkinan)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.