bus-terbakar

Bus Terbakar di Kelok 9, Belasan Penumpang Gosong

Selasa, 1 Mei 2012 NusantaraSumatra

JAKARTA (Pos Kota) – Bus terbakar di kelok 9, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Selasa (1/5/2012) subuh. Belasan penumpang tewas dalam kondisi mengenaskan di dalam bus, sementara 6 penumpang lainnya luka-luka. Kini, seluruh korban maupun luka dibawa ke RS Payakumbuh untuk identifikasi dan perawatan lebih lanjut.

Dirlantas Polda Sumatera Barat, Kombes Pol Ibnu Isticha, mengemukakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 04:00 Wib. Bus PO Yanti berpenumpag 35 orang itu  terbakar, diduga akibat kosleting pada bagian depan bus. “Selain yang tewas 13 orang, ada 6 penumpang yang luka,” kata Ibnu Isticha kepada wartawan.

Menurut dia, dari enam penumpang ini dirawat di RSUD Payakumbuh, dua diantaranya diperbolehkan pulang, sementara yang lain  masih dalam perawatan intensif.

Polisi menduga bus itu terbakar karena korsleting di kabel bus  trayek  Dumai-Pekanbaru-Bukittingg. Satu penumpang yang selamat, Budi, menyebutkan bus tersebut hangus terbakar dan tinggal rangka dan api padam dengan sendirinya.

Info lain menyebutkan, kernet dan sopir bus selamat. Mereka sempat melarikan diri, namun keburu diamankan warga. Selanjutnya diserahkan ke Polres Limpapuluh Kota, sumatera Barat.

Penumpang yang sebagian besar tertidur saat peristiwa itu, kesulitan menyelamatkan diri. karena pintu bus tidak bisa dibuka, akhirnya korban terjebak dalam kobaran api.

Sementara itu, suasana di RSUD Pakakumbuh banyak didatangi keluarga korban, namun jasad 13 korban kecelakaan bus PO Yanti di Kelok 9 itu sulit diidentifikasi petugas karena kondisinya sudah gosong. Akan tetapi, petugas tim Biddokes Polda Sumatera Barat terus berupaya mengidentifikasi.

(syamsir)

 

Foto-Ilustrasi