50 Persen Bantaran Sungai Citarum Rusak

Minggu, 13 Mei 2012 — 0:01 WIB
iliuscitarum

KARAWANG (Pos Kota) – Bantaran Sungai Citarum di Jawa Barat mulai dari hulu di Bandung sampai hilir di Muara Gembong, Bekasi, saat ini kerusakannya sudah mencapai sekitar 50 persen, sehingga perlu segera diperbaiki.

Adanya kerusakan tersebut, kami sudah menganggarkan dengan dana sebesar Rp 1,3 triliun. Diharapkan perbaikan sungai terpanjang di Jawa Barat ini akan selesai 2014 mendatang.

Demikian diungkapkan, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, ketika menghadiri puncak acara memperingati Hari Air Dunia (HAD) ke-20 Tahun 2012 Tingkat Nasional di Kawasan Danau Cipule Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Sabtu (12/5) siang.

“Memperbaiki bantaran sungai, sama seperti memperbaiki jalan, sudah diperbaiki tidak lama kemudian rusak lagi,” ujar Djoko Kirmanto, usai melihat uji coba system penyiraman air modern untuk menyiram tanaman palawija menggunakan di sawah tadah hujan.

Pada puncak acara HAD di kawasan Danau Cipule, Ciampel yang belum lama ini digunakan lokasi lomba dayung SEA Games, Menteri PU, Djoko Kirmanto, didampingi aktivis lingkungan Dr. Ir. Erna Witoelar dan Uli Sigar Rosadi, aktivis lingkungan nasional, selain menebar benih ikan ke Danau Cipule juga panen tanaman padi mili warga sekitar lokasi danau. (nourkinan)