Aktifitas Bongkar Kapal Berangsur Normal

Kapolda Banten Tindak Pemicu Rusuh di Merak

Senin, 28 Mei 2012 — 10:14 WIB
kapolda-banten

MERAK (Pos Kota) – Kasus kerusuhan di Pelabuhan Merak oleh pengemudi truk, membuat geram Kapolda Banten. Kapolda Banten Brigjen Pol Eko Hadi Sutedjo menegaskan akan mengusut tuntas dan menangkap pelaku dan pemicu kerusuhan hingga mengakibatkan kerusakan sejumlah fasilitas di PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak.

Kapolda menegaskan pihaknya akan memeriksa sejumlah petugas security yang bertugas di PT ASDP, termasuk korban pemukulan oleh para sopir truk. “Kami sudah perintahkan Kapolres Cilegon untuk mengusut tuntas kasus pengrusakan di Merak,” tegas Kapolda Banten, kepada wartawan usai menemui sejumlah sopir truk, Senin (28/5/2012).

Kapolda mengatakan bahwa pihaknya akan menindak tegas pelaku pengrusakan. Selain itu, Kapolda juga akan menahan oknum-oknum yang terbukti melakukan pungutan liar (pungli) melalui jalur tembak. “Siapa yang terbukti terlibat akan tindak tegas. Baik itu pelaku pengrusakan atau yang melakukan pungli,” tegas Kapolda.

Menurut Kapolda, informasi yang dihimpunnya, kerusuhan sopir akibat ada pungutan liar. “Informasi yang kami dapat dari lapangan kerusuhan ini akibat adanya pungutan liar jalur tembak. Untuk itu akan kita tindak lanjuti,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan suasana di Pelabuhan Merak paska kerusuhan pada Minggu malam, aktifitas bongkar kapal berangsur normal. Hanya saja kemacetan tampak terjadi di jalur wilayah Merak, terutama arah masuk Pelabuhan Merak, karena tol gate yang semula melayani penumpang kendaraan menggunakan komputerisasi, kini dilakukan secara manual. Hal ini yang membuat laju kendaraan yang masuk ke pelabuhan menjadi lebih lambat.

(haryono/sir)

  • Darmilis_jm

    kalau udah terjadi keributan baru sibuk semua,coba sebelum terjadi di awasi,pasti ngak terjadi hal semacam ini,sekarang siapa yang susah?