Selasa, 31 Juli 2012 22:21:25 WIB

Jalan Alternatif Untuk Sepeda Motor Harus Selesai H-7

ilusjalan

KARAWANG(Pos Kota) – Jalan alternatif untuk arus mudik Lebaran untuk sepeda motor dari arah Jakarta menuju Jateng melalui rute Johar – Karasak – Cilamaya – Cikalong, Jatisari, Karawang, sepuluh hari (H – 10) atau paling lambat H – 7, menjelang Lebaran 2012 harus sudah mulus.

Demikian ditegaskan Kapolres Karawang, AKBP. Arman Achdiat, SIk,MSi, meminta kepada Pemkab Karawang, yang tengah memperbaiki jalan alternatif tersebut karena sekarang banyak berlobang.

Kapolres, Arman Achdiat, sempat menunjukkan berapa foto lokasi jalan alternatif yang rusak saat pemaparan rencana Operasi Ketupat Lodaya 2012 di hadapan Bupati Karawang dan aparat dari instansi lainnya di Aula Husni Hamid, Pemda Karawang, kemarin.

Kepala Dinas Binamarga dan Pengairan Karawang, Asikin, menjelaskan, saat ini perbaikan jalan alternatif Johar – Karasak- Cikalong, Jatisari juga dari Kasarak sampai perbatasan Blanakan, perbatasan Karawang – Subang terus dilakukan.

“Perbaikannya sedang berlangsung dan ditargetkan selesai pada H – 10, alokasi anggarannya dari APBN dan APBD Pemkab Karawang,” ungkap Asikin.

CONTRA FLOW

Polres Karawang berencana memberlakukan contra flow (lawan arus) di Jalur Pantura Karawang pada H-5 Lebaran 1433 H mendatang. Sistem pengaturan arus tersebut dilakukan agar arus kendaraan pemudik dari arah Jakarta dapat lancar ke arah Cirebon.

“Contra flow, akan diberlakukan mulai dari Pertigaan Jomin hingga Jembatan Gamon, perbatasan Karawang dengan Subang,” ujar Kapolres Arman Achdiat.

Arman Achdiat mengatakan, di jalur contra flow tersebut akan dipasang pembatas sementara di sebagian jalur arah Cirebon-Jakarta untuk kendaraan dari arah Jakarta menuju Cirebon. Artinya, kedaraan dari arah Jakarta diberi ruang jalan lebih luas karena memang volume kendaraan dari arah Jakarta volumenya lebih besar dibanding arah sebaliknya.

“Kami memprediski lonjakan arus mudik akan terjadi sejak H-5 Lebaran,” kata Kapolres

Sementara itu rute jalur mudik khusus sepeda motor di Wilayah Kabupaten Karawang, menjelang Lebaran dari arah Jakarta – Cirebon, Jateng, biasanya melalui rute dari Johar, Kota Karawang sampai Cikalong menuju jalur Pantura.

Tetapi untuk musim mudik tahun ini, pemudik bersepeda motor direncanakan tidak akan keluar melalui Cikalong, tetapi akan keluar melalui Ciasem sampai ke jalur Pantura, setelah melewati jalur alternatif Blanakan – Rawameneng – Ciasem.

Dari Lamaran, pemudik menuju pertigaan Krasak. Selanjutnya, diarahkan ke kiri menuju Blanakan dan keluar di Ciasem untuk tembus ke jalur Pantura Subang. Sedangkan pada musim mudik tahun lalu, dari pertigaan Krasak, pemudik bersepeda motor diarahkan ke kanan menuju Cikalong.

Kasatlantas Polres Karawang, AKP Wadi Sya`bani, SH, SIk, mengatakan, terdapat permasalahan terkait dengan rute yang baru itu, yakni adanya jalan raya sepanjang sekitar tiga kilometer di wilayah Blanakan yang kondisinya rusak parah.

Saat ini kami masih menunggu Dinas Bina Marga setempat untuk segera memperbaiki jalan raya yang akan dilintasi para pemudik khusus sepeda motor itu.

“Bila pada waktunya nanti, jalan ke Blanakan – Ramwmeneng tembus ke arah Pantura Subang masih rusak, terpaksa rute sepeda motor tetap melintasi Cikalong yang tembus ke Pantura Karawang,” tegas Kasatlantas Wadi Sya”bani. (nourkinan)

Teks : Jalur alternatif Johar – Karasak – Cikalong, Jatisari diperbaiki untuk jalur mudik Lebaran khusus pengendara sepeda motor dari Jakarta – Cirebon – Jateng.

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.