Senin, 13 Agustus 2012 21:19:47 WIB

Arsip 67 Tahun Kemerdekaan RI Dipamerkan

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

JAKARTA (Pos Kota) – Apa hubungannya arsip dengan pendidikan karakter bangsa? Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar, jelas sangat berhubungan. Arsip menyimpan catatan penting sejarah perjalanan dan perjuangan bangsa.

“Sejarah perjuangan ini mengandung nilai-nilai luhur yang sejalan dengan pendidikan karakter yang didengung-dengungkan pemerintah. Ini bisa membangkitkan jiwa nasionalisme bangsa,” kata Azwar, Senin (13/8), usai membuka pameran arsip bertajuk ‘Refleksi 67 tahun Kemerdekaan RI, Gugah Jiwa Nasionalisme’, yang diadakan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Pameran berlangsung hingga 13 September 2012, di gedung Arsip.

Karenanya, kata menteri, pameran ini sangat penting untuk menularkan nilai-nilai luhur yang dimiliki para pejuang kita kepada generasi muda.

Apalagi pameran arsip ini dibagi dalam tiga fase: masa perjuangan mencapai kemerdekaan, masa mempertahankan dan menjaga keutuhan NKRI, serta masa mengisi kemerdekaan. “Ini sejarah yang harus diketahui masyarakat karena dapat memperkuat jati diri bangsa,” tegasnya.

Kepala ANRI, HM Asichin, mengatakan, arsip menjadi penting. Sebagai kekayaan intelektual yang jika tidak dikelola dengan rapi maka kita akan kehilangan sejarah, yang nantinya berujung pada kehilangan jati diri bangsa.

“Karenanya pameran arsip ini dapat menggugah jiwa nasionalisme masyarakat kita, apalagi kita akan memperingati Hari Kemerdekaan,” tambahnya.

Dikatakan, arsip sebagai rekaman peristiwa dapat berguna sebagai petunjuk di masa lalu dan masa depan. Lembaga kearsipan tidak menafsirkan sejarah, namun menyimpan bukti sejarah.

Sejarawan, peneliti, dan para politikuslah yang menafsirkan sejarah ini untuk menjadi tulang punggung pembangunan masa depan. (aby/dms)

Teks Gbr:
1). Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar didampingi Kepala ANRI, M. Asichin membuka pameran kearsipan di Jl Gajah Mada, Jakbar, Senin. (aby)

2). Kepala ANRI, M. Asichin. (Aby)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.