Di Terminal Lebak Bulus

Sopir Bus Dijemput Paksa Untuk Tes Urine

Senin, 13 Agustus 2012 — 18:37 WIB
tesurine138

CILANDAK (Pos Kota) – Puluhan sopir bus antar kota antar propinsi (AKAP) yang akan mengangkut pemudik Lebaran di Terminal Bus Lebak Bulus, Cilandak terpaksa dijemput paksa sejumlah tim petugas tes kesehatan dan Sudin Perhubungan Jaksel saat mereka duduk atau santai di dalam bus. Mereka diharuskan mengikuti tes kesehatan yang sudah disiapkan Sudin Perhubungan dan jajaran Walikota Jaksel.

“Kami memang sudah mulai melakukan tes kesehatan maupun kelengkapan surat pengemudi,” kata Kasudin Perhubungan Jaksel Nurhayati didampingi Kepala Terminal Bis Lebak Bulus, Suarta S, Senin (13/8).

Kegiatan ini harus dilakukan walaupun dengan cara menjemput paksa sopir oleh beberapa petugas yang dikerahkan di sekitar terminal.

Menurut dia, tak hanya melakukan tes urine tapi petugas juga mengecek tekanan darah, kondisi kesehatan fisik hingga surat kelengkapan lain mulai dari surat dari pengelola bis hingga SIM dan kelengkapan kendaraan lainnya.

“Pemeriksaaan kesehatan ini dilakukan kepada seluruh awak bus angkutan Lebaran hingga H -1,” ujarnya. Ada delapan sopir yang sudah diperiksa hasilnya semua negatif pemakaian zat brbahaya atau terlarang.

Sejumlah sopir sempat kaget saat satu petugas berpakaian Sudin Perhubungan Jaksel meminta mereka ikut ke posko kesehatan.“ Terkejut juga sih karena petugas itu hanya menanyakan siapa yang membawa bus ini. Setelah dirinya mengaku langsung diminta ikut ke posko kesehatan,” tutur Yudi, sopir Bus PO Lorena jurusan Jakarta – Surabaya.

Kepala Terminal Bis Lebak Bulus, Suarta S, menambahkan untuk jumlah pemudik yang diberangkan untuk shif pertama H – 6 sejak Pk. 07:00 sekitar 9.163 orang pemudik dengan jumlah bis mencapai 359 unit dengan berbagai jurusan di Pulaja Jawa dan Bali. (anton)

Teks : Salah satu sopir bus angkutan Lebaran di Terminal Lebak Bulus, Cilandak diperiksa kesehatannya. (anton)

Terbaru
Terpopuler