Rabu, 10 Oktober 2012 18:28:31 WIB

Teman di PHK Sepihak, Ratusan Karyawan Demo

phksepihak1010

PURWAKARTA (Pos Kota) – Ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) ‘mengepung’ PT Sepatu Bata (SB) di Jalan Raya Cibening,Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat Rabu (10/10). Aksi dilakukan menuntut tanggung jawab perusahaan karena telah memberhentikan 295 karyawan secara sepihak.

Sebelum menggelar aksinya, ratusan buruh ini sempat berkonvoi dari kawasan industri Kota Bukit Indah menuju PT SB di Jl Raya Cibening, dengan menggunakan satu mobil komando serta puluhan sepeda motor.

Dalam orasinya, Ketua Konsulat FSPMI Purwakarta, Fuad BM mengatakan, pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh pihak perusahaan dinilai tanpa alasan. Dalih perusahaan mem-PHK ratusan karyawan untuk menekan biaya produksi seiring dengan menurunnya jumlah produksi.”Itu alasan yang tidak masuk akal,”katanya.

Fuad mengakui,pihaknya sangat prihatin dengan sikap perusahaan yang melakukan diskriminasi. Sebelumnya karyawan itu terlebih dahulu dirumahkan, dan kemudian dipanggil kembali bekerja dengan status kontrak. Setelah itu, malah di PHK.

Fuad mengatakan, pihaknya sudah berkali-kali melakukan negosiasi dengan pihak perusahaan agar mengangkat ratusan karyawan di PT Sepatu Bata menjadi karyawan tetap. Namun, negosiasi tersebut tidak menemukan titik terang malah berujung pada PHK ratusan karyawan.

Menurut informasi, dari 295 karyawan yang di-PHK, 275 di antaranya merupakan pegawai harian lepas, sementara 20 lainnya pegawai kontrak. Dari 800 karyawan PT Sepatu Bata yang sudah bekerja lebih dari lima tahun, belum seorang pun yang diangkat menjadi karyawan tetap.

Seperti diketahui, buruh PT Sepatu Bata unjukrasa dan mogok kerja selama tiga hari di perusahaan yang sudah berdiri selama 81 tahun itu. Mereka mengancam akan terus melakukan aksi hingga pihak perusahaan bertanggung jawab untuk memenuhi hak-hak buruh. (dadan)

Teks : Buruh demo di Purwakarta

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.