Ingin Kota Bandung Bersih

Relawan Sampah Tak Kenal Lelah

Selasa, 13 November 2012
ilusrelawan

BERDIRI, jongkok, berdiri dan jongkok. Kedua tangan digerakkan dan jari jemarinya dengan cepat memungut sampah yang berserakan. “Hanya bisa membuang, tanpa memikirkan kebersihan. Susah manusia itu,“ kata Sariban,60, relawan pemungut sampah di Gedung KPUD Jawa Barat Jalan Gaut Bandung.

Mengenakan seragam kuning-kuning dan di dada serta topinya bertuliskan relawan kebersihan kota, sosok pria renta itu tak pernah istirahat. Kaki dan tangan terus bergerak memungut sampah yang dibuang sembarangan.

Sariban, yang sudah delapan tahun jadi relawan sampah bekerja keliling kota Bandung memburu sampah yang berserakan. Cukup mengandalkan sepeda ontel, bertulislkan relawan sampah dan cinta kebersihan, setiap pagi hingga sore pria bertubuh mungil mencari sampah.

“Saya kini bergeser ke Gedung KPU. Karena sedang persiapan Pilgub, sampah perlu dibersihkan. Sama saja, mereka hanya bisa menyampah tan peduli ke kebersihan,“ ujar dia saat berbincang dengan Pos Kota.

Bandung merupakan kota yang kecil. Rasanya sulit untuk membersihkan sampah kota dengan sendirian. Meski begitu, Sariban berharap dengan kegiatannya ini ada generasi baru yang mengikuti jejaknya.

“ Semakin banyak yang mau mengikuti langkah Saya, Bandung akan bersih,“ akunya.

Sariban tetap memainkan tangannya di halaman gedung KPUD. Berdiri, jongkok, dan terus jongkok merupakan pekerjaanya setiap hari. Ketika cagub dan cawagub berdatangan ke KPUD Sariban nampaknya tak peduli sama sekali. Dia tak melihat sosok dan wajah calon Gubernur Jabar dan lebih memilih serius memungut sampah.(Dono)

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.