Diangkut, Sampah yang Menumpuk Bertahun-tahun di Lebak Bulus

Minggu, 6 Januari 2013
Sampah Lebakbulus01

CILANDAK (Pos Kota) – Sedikitnya 68 meter kubik (M3) sampah di RT 10/07 Kelurahan Lebak Bulus yang bertahun-tahun menumpuk di samping terminal Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan diangkut petugas gabungan yang dipimpin Camat Cilandak, Sayid Ali.

Petugas berkekuatan 40 personil semula kesulitan untuk menggaruk sampah di lahan kosong yang berada di balik tembok terminal Lebak Bulus.

Lahan itu awalnya milik pengembang PT Metro Kencana, pengelola Pondok Indah yang kini sudah dibebaskan Pemprov DKI untuk proyek Mass Rapid Transit (MRT).

“Setelah mendapat izin dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta, kami menjebol tembok supaya shovel truk sampah bisa segera mengangkuti sampah yang sudah menggunung,” ujar Sayid Ali, pada kerja bakti Minggu (6/1).

Ia didampingi Lurah Lebak Bulus, Arif Abidin, Lurah Cilandak Barat, Mundari dan Ketua Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) Lebak Bulus, Irvan.

Kegiatan ini juga melibatkan jajaran Koramil Cilandak dipimpin Danramil, Kapten Inf. Sutiono.

Dengan menggunakan 8 truk sampah dan 30 petugas kebersihan dari Seksi Kebersihan Cilandak dan Sudin Kebersihan Jaksel, warga ikut antusias mengangkut sampah ke truk dan langsung dibuang ke TPST Bantar Gebang.

sofel-1

Camat Cilandak (2 dari kiri) bersama petugas gabungan dibantu shovel truk sampah dan 40 personil untuk mengeruk sampah yang menggunung di lahan kosong di RT 10/07 di samping terminal Lebak Bulus, Cilandak, Jaksel, Minggu (6/1).

“Sampah ini sebenarnya bukan sampah warga, tapi sampah yang dibuang dari warga luar ke sini khususnya saat malam hari,” kata Ketua RW 07 Kelurahan Lebak Bulus, Ahari.

Warga kata Ahari, selama ini sudah berusaha mencegah pembuangan sampah dari pihak luar mengingat lokasinya sangat strategis karena berada di pinggir Jln Lebak Indah. Namun gagal, karena lazimnya sampah dibuang pada malam hari dengan menggunakan motor.

Adapun sampah warga lanjut Ketua LMK Lebak Bulus, Irvan, diangkut rutin oleh truk sampah yang ada di terminal Lebak Bulus dan di Komplek Lebak Lestari.

Sebelumnya warga melalui rubrik Aspirasi Warga Jakarta di Pos Kota, Sabtu (5/1) mengeluhkan sampah yang menggunung di lahan kosong di RT 10/07 samping terminal Lebak Bulus Komplek Perum Lebak Indah. “Kami berharap sampah yang sudah bertahun-tahun menumpuk segera diangkut supaya kawasan ini tidak menjadi sarang penyakit,” kata Ramadhin melalui pesan singkat dari nomor 085770029xxx.

Mencegah kembalinya serbuan sampah dari luar, Camat Cilandak Sayid Ali didampingi Kasie Kebersihan Kec. Cilandak, Esron akan berkordinasi dengan Sudin Kebersihan Jaksel untuk memasang jaring pengaman dan spanduk larangan membuang sampah di lokasi

“Kami juga berharap warga di RW 07 dan sekitarnya untuk lebih ekstra menjaga lahan eks pembuangan sampah ini dari ulah warga luar. Jika ada yang tertangkap basah, akan dikenakan sanksi sebagai efek jera,” tandas Sayid Ali. (Rachmi/d)

 

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.