Menkes Kerahkan 100 Dokter, Korban Banjir Mulai Terserang Penyakit

Senin, 21 Januari 2013
menkes-lokasi-banjir

JAKARTA (Pos Kota)- Pasca banjir, 7 jenis penyakit kini menghantui para pengungsi. Mulai diare, batuk, pilek, demam berdarah, gatal, penyakit kronis hingga leptosfirosis.

“Sudah ada laporan dari beberapa pos kesehatan, warga mulai diserang penyakit gatal-gatal,” ujar Menkes Nafsiah Mboi saat mengunjungi pos pengungsian di Jatinegara, Senin (21/1/2013).

Untuk mencegah makin meluasnya gangguan penyakit pada warga korban banjir, Menkes mengatakan sudah menerjunkan tenaga medis tambahan sebanyak 100 orang dokter. Disamping itu 98 pos kesehatan dan 4 rumah sakit lapangan akan terus beroperasi sampai Jakarta aman dari banjir.

Nafsiah mengingatkan agar relawan dan tenaga medis dilapangan untuk terus berupaya menjaga kondisi para pengungsi tersebut. Terutama untuk anak bayi, balita, ibu hamil, ibu menyusui dan lansia. Kelompok masyarakat tersebut membutuhlan perlakuan khusus dalam hal asupan makanan dan lokasi pengungsiannya.

“Kalau bisa, ruangan mereka dipisahkan karena.mereka sangat rawan terkena penyakit,” tambahnya.
Selain itu Nafsiah juga meminta warga waspada terhadap tikus, kecoa dan nyamuk. Binatang tersebut saat ini paling potensial menjadi media pembawa penyakit.

“Perhatikan sanitasi lingkungan, air bersih, tempat pembuangan tinja, dan pembuangan sampah,” katanya.
Ia memastikan bahwa persediaan obat-obatan untuk kebutuhan warga korban banjir di DKI jakarta mencukupi.

Pada musibah banjir pekan lalu, tercatat 52 puskesmas di dKI Jakarta berhenti beroperasi akibat terendam air banjir.

(inung/sir)

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.