Senin, 28 Januari 2013 19:31:29 WIB

Memperbaiki Sendiri Dinamo Starter

starter

BILA  Anda mengalami kesulitan menghidupkan kendaraan bermotor, khususnya mobil, segeralah periksa  dinamo starter. Terkadang, sekali  menstarter mesin mobil langsung “jreng”, tetapi  tak jarang pula harus berkali-kali melakukannya tanpa hasil yang diinginkan.

Kalau mau berhemat atau menangani  sendiri, periksalah  kondisi dinamo starter. Coba Anda lihat kabel dari aki (accu)  ke dinamo starter, mungkin  terjadi gangguan kabel merah yang beraliran listrik, atau ada kabel yang terlepas dan harus dikembalikan terlebih dahulu ke posisi semula.

Untuk memastikan kabel merah berfungsi atau tidak, bisa memeriksanya dengan  alat multimeter atau lebih senderhana dengan kabel merah di dinamo disambungkan pada bodi mobil. “Lalu lihat apakah ada percikan api atau tidak. Kalau tidak coba  disambungkan dari aki agar bisa teraliri listrik pada dinamo tersebut,” kata Heru, ahli dinamo di kawasan Kalimalang, Jakarta Timur, beberapa hari lalu.

Kalau juga belum hidup  segera copot dinamo lalu  periksakan kepada  bengkel  ahli. Sebab, penanganan yang salah bisa berakibat buruk kepada dinamo, misalnya gangguan pada karbon atau kawat kumparan terbakar maupun elemen lainnya.

Menurut  Heru,  alat  yang  cepat rusak pada bagian dinamo adalah karbonnya karena alat tersebut mudah aus atau tergerus  putaran as motor dinamo. ”Memang karbon mudah habis karena aus. Kalau masalah kumparan terbakar jarang sekali terjadi kecuali saat menstarter terlalu lama. Untuk itu,  apabila menstarter tidak boleh lama-lama dan  segera kembalikan  kunci ke  posisi semula,” terang  Heru.(percoyok/ian)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.