Jumlah Penderita TBC di Indonesia Meningkat

Kamis, 21 Februari 2013 — 18:02 WIB
tbtakut212

JAKARTA (Pos Kota)- Jumlah penderita penyakit tuberculosis (TB) di Indonesia sangat tiggi. Setiap tahun bertambah 450 ribu kasus baru. Dari jumlah tersebut 65 ribu diantaranya meninggal dunia.

“TB atau biasa dikenal masyarakat awam sebagai TBC termasuk dalam 10 penyakit pembunuh tertinggi di Indonesia,” jelas Menkes Nafsiah Mboi di sela diskusi dengan tim Joint External TB Monitoring Mission (JEMM), Kamis (21/2).

Selain itu pada usia 5 tahun ke atas, TB merupakan penyebab kematian nomor 4 di perkotaan setelah stroke, diabetes dan hipertensi, serta merupakan penyakit pembunuh nomor 2 dipedesaan setelah stroke.

Tingginya kasus baru TB dan tingkat kematian penderita TB dikatakan Menkes salah satunya adalah komitmen pemerintah yang belum optimal terutama dalam hal pendanaan. Sampai saat ini pengendalian TB di Indonesia sebagian besar masih didukung oleh pendanaan Global Fund.

Karena itu, untuk mengendalikan kasus TB di Indonesia, tim JEMM merekomendasikan 6 langkah.

Pertama mengenalkan kebijakan mandotory notification atau wajib melaporkan penemuan kasus TB bagi pemberi layanan kesehatan. Hal ini bermanfaat untuk mendapatkan perkiraan angka indisen yang rasional dan dapat mengukur trend serta besaran masalah yang diakibatkan TB.

Kedua meminta seluruh dinas kesehatan propinsi segera membuat rencana kerja, penyiapkan pembiayaan dan melaksanakan kegiatan pengendalian TB resisten obat.

Selanjutnya JEMM merekomendasikan adanya surat keputusan yang memastikan tersedianya pembiayaan lokal yang berkelanjutan, menjamin tersedianya akses lebih dini dan universal terhadap layanan berkualitas untuk semua tipe kasus TB, mencermati kebutuhan tenaga pelaksana untuk menerapkan semua komponen strategi pengendalian TB dan yang terakhir adalah meminta para pengambil keputusan dibidang kesehatan untuk tingkatkan kerjasama dalam tes HIV (konseling) bagi pasien TB.

Menkes mengakui selama 12 tahun terakhir ada peningkatan pelaporan kasus baru TB. Hingga triwulan pertama 2013 tercatat angka notifikasi kasus semua kasus baru mencapai 132 per 100 ribu penduduk dan BTA positif sebesar 82 per 100 ribu penduduk serta angka keberhasilan pengobatan sebesar 91 persen. Ini artinya keberhasilan pengobatan telah melebihi target global yaitu sebesar 85 persen.(Inung)

Teks ; Menkes Nafsiah Mboi usai diskusi dengan tim JEMM.