Pelukis Asal China Pameran Tunggal di Jakarta

Sabtu, 23 Februari 2013
Xia Xiaowan Pelukis China-n

JAKARTA (Pos Kota) – Indonesia terpilih menjadi negara ketiga setelah China dan Singapura untuk menggelar pameran tunggal lukisan karya Xia Xiaowan.

Dalam ajang pameran yang digelar di Museum Nasional, Jakarta hingga 10 Maret tersebut, Xia yang merupakan pelukis asal China memamerkan 10 karya lukisan tiga dimensi dengan media kaca dan 12 lukisan kanvas.

“Saya ingin berbagi inspirasi dengan pelukis-pelukis Indonesia tentang bagaimana berinovasi dalam karya sehingga karya yang kita hasilkan tidak monoton dan membosankan,” ujar Xia, Sabtu (23/2).

Sebelum menekuni karya lukis kaca, Xia adalah pelukis diatas kanvas. Tetapi sejak 2003, ia menemukan cara dan tehnik baru berupa lukisan 3 dimensi bermedia kaca untuk menuangkan inspirasinya.

Menurut Xia, melukis diatas kaca jauh lebih bebas untuk menampung ide-ide dan segala perasaan kita. Ruh dan jiwanya jauh lebih sempurna.

Karena itu, ia berharap apa yang dilakukan ini bisa menumbuhkan inspirasi bagi pelukis lain untuk menemukan ide-ide melukis yang lebih kreatif.

Sunyata Wangsadarma, seorang kolektor lukisan mengatakan karya Xia terutama lukisan kaca tiga dimensi merupakan karya yang unik dan langka. Itu sebabnya ia sangat merekomendasikan yayasan, museum atau kolektor untuk mengoleksinya.”Ini karya unik, indah dan sangat inspiratif,” katanya.

Obyek manusia dengan segala perasaan yang menghidupinya membuat karya Xia diakui Sunyata menjadi jauh lebih hidup dan realistis. (Inung/d)

foto:
Pelukis asal China Xia Xiaowan (inung)

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.