Jumat, 1 Maret 2013 09:29:19 WIB

Siap Saingi Avanza, Xenia, dan Ertiga, Chevrolet Spin Meluncur April

spin

PERSAINGAN di kelas low MPV tahun ini akan semakin keras karena bermunculan merek baru yang masuk di pasar tersebut.

Jika selama ini Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia paling berkibar, maka produk dari astra Group itu akan mendapat tantangan Chevrolet Spin, produk global General Motor Indonesia (GMI). Sebelumnya, Suzuki Ertiga hadir lebih dulu. Ini tentunya berpengaruh terhadap eksistensi pasar dari Avanza-Xenia.

Tampaknya Avanza dan Xenia harus lebih hati-hati menjaga pasarnya, mengingat Chevrolet Spin muncul dengan tiga mesin berbeda sekaligus. Yakni mesin 1.200 CC bensin, 1.500 CC bensin dan 1.300 CC diesel, serta delapan varian. Harga yang ditawarkan pun cukup kompetitif. Mulai Rp139 juta dengan model dan berbagai keunggulannya.

“GMI, masih memperhitungkannya untuk harga finalnya,” jelas Direktur Marketing, Yuniadi Hartono, pada acara kunjungan ke pabrik baru GMI di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat.

Kondisi pasar Indonesia yang terus berkembang dan bervariasi, menjadikan GMI berani mengambil langkah untuk menghadirkan low MPV Chevrolet Spin bermesin diesel. Tentunya akan menjadi satu-satunya produk mobil keluarga yang berbahan bakar solar.  “Masyarakat Indonesia akan lebih mudah menerima mesin  diesel, mengingat perkembangan teknologi diesel berkembang pesat. Saya optimis Spin diesel akan diterima masyarakat dengan baik,” tandasnya.

Ia mengungkapkan perkembangan teknologi mesin diesel semakin membaik dibandingkan era sepuluh tahun lalu. Masyarakat banyak yang mengetahui kelebihan mesin diesel tersebut. Ini menjadi alasan utama GMI memasarkan low MPV diesel ke tanah air. “Yang diusung Chevrolet Spin bukan mesin diesel biasa. Spin menggunakan mesin diesel berteknologi common rail direct injection turbo.”

Keunggulan lainnya, terlihat untuk tipe tertinggi, yakni Spin 1.500 CC bensin. Mesinnya menggunakan transmisi otomatis 6-speed. Sehingga, menjadi satu-satunya low MPV yang mempunyai enam percepatan.

Memberi kenyamanan penumpang, juga menjadi salah satu keunggulan Chevrolet Spin dari pesaingnya. Yakni, pemasangan alat pendingin (AC) triple blower pada bagian depan (dashboard), kursi bagian tengah dan barisan belakang. AC triple blower ini tak ada di MPV lainnya.

Presiden GM Southeast Asia Operations, Martin Apfel, yakin Chevrolet Spin merupakan MVP berkelas dan akan menjadi mobil dambaan masyarakat Indonesia. Spin yang mampu mengangkut tujuh penumpang  mempunyai tiga keunggulan yang tidak dimiliki para pesaingnya.

Yaitu, transmisi otomatis dengan 6 percepatan (6 speed), adanya varian yang menggunakan  mesin diesel, dan  adanya AC triple blower di dalam kabinnya. Bonus lain adalah adanya airbag (kantung udara) guna keselamatan penumpang serta sistem pengeraman ABS dan EBD.

Chevrolet Spin yang akan dipasarkan April 2013, mempunyai enam pilihan warna menarik. Summit white, mecaw blue metallic, very berry red,   mond gray metallic, black sapphire, dan Switchblade Silver Metalic. (bambang/ak)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.