Di Banten, Guru Ngaji Dapat Honor

Minggu, 3 Maret 2013
Al Quran Depag-n

CILEGON (Pos Kota) – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon melalui Anggaran Pendatan Belanja Daerah (APBD) Kota Cilegon akan menyisihkan anggaran guna diberikan kepada guru ngaji.

Honor tersebut diberikan guna meringankan beban ekonomi dan menghargai jasa guru baca Al-Qur’an tersebut. Sebab, selama ini guru ngaji seakan tak terperhatikan.

“Kita sangat prihatin dengan nasib para guru ngaji. Mereka setiap malam mengajar namun tanpa ada bayaran dari orangtua anak didik yang diajarkannya. Ini ironis bagi saya dan Pemkot berinisiatif akan memberikan honor kepada mereka,” ujar Walikota Cilegon, Tb Iman Ariyadi, kemarin.

Menurut Iman, guru ngaji sebetulnya berhak mendapatkan imbalan yang layak dari para orangtua anak didiknya. Sebab, guru ngaji  telah memberikan ilmunya serta waktu senggang mereka untuk mengajarkan Al-Qur’an kepada anak-anak tetangga mereka. Sehingga wajar bila mereka mendapatkan imbalan.

“Kalau untuk guru les bahasa inggris misalnya, orangtua tidak segan untuk mengeluarkan uang ratusan ribu bahkan jutaan rupiah, tapi kalau untuk guru ngaji, sepuluh ribu rupiah saja kadang berat memberikannya,” Iman menuturkan.

Walikota mengatakan, untuk mewujudkan pemberian honor kepada guru madrasah, pihaknya tengah melakukan pendataan terhadap guru ngaji yang berada di kota baja itu.

“Ini dilakukan supaya guru ngaji  bisa terbantu secara ekonomi. Saya yakin guru ngaji selalu iklas memberikan ilmunya karena saya pun pernah merasakan sebagai murid yang mengaji setiap magrib. Sebab itu kami mohon doa semoga rencana ini bisa segera terealisasasikan,” imbuhnya. (haryono/d)

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.