RUU Ormas Tidak Akan Musnahkan Ormas

Sabtu, 30 Maret 2013
priobudi303

JAKARTA (Pos Kota) – Mereka yang menolak Rancangan Undang-Undang Kemasyarakatan (RUU Ormas) agar membaca ulang seluruh isi dari RUU tersebut, karena sekarang ini sudah mengalami kemajuan.

“Jadi dipahami dulu karenanya saya meminta semua pihak membaca ulang,” papar Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso di sela acara sosialisasi empat pilar kebangsaan yang dilaksanakan Ormas MKGR, di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan sekarang ini sudah ada kemajuan-kemajuan substansi yang sudah ada. Namun, Priyo enggan menjelaskan kemajuan yang dimaksud dengan alasan terlalu panjang kalau dijelaskan.

Politisi Partai Golkar ini menegaskan RUU Ormas yang sedang dibahas di DPR sekarang ini tidak mungkin akan mensusahkan Ormas, karena semuanya sudah ada pengaturannya.

“Namun DPR tetap menerima masukkan substansi dari masyarakat dalam pembahasan sekarang ini, tapi jangan sembarang menolak begitu saja. Lebik baik bicara substansi mana yang menjadi keberatan,” papar Priyo.

Ia mencontohkan, ada yang menolak RUU Ormas terkait asas tunggal. “Dalam RUU Ormas itu memang disebutkan asas tunggal tapi kalau ada tidak mau asas tunggal silakan saja,” papar Priyo.

Sebelumnya, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah menolak RUU Ormas yang sedang dibahas di DPR. Sebab RUU Ormas tersebut berpotensi membatasi kebebasan berserikat, memperlemah kreativitas dan perilaku represif. “Muhammadiyah mendesak DPR untuk menghentikan seluruh proses pembuatan Undang-undang Ormas,” kata Din di Gedung PP Muhammadiyah, Jakarta, Kamis. (Johara)

Pryo Budi Santoso

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.