Ormas Islam Tolak Kontes Miss World di Sentul Bogor

Minggu, 7 April 2013
fui1

BOGOR (Pos Kota) –  Ormas  Islam termasuk Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor menolak kontes kecantikan Miss World 2013 yang  rencananya digelar 28 September di Sentul International Convention Center (SICC), Kecamatan Babakan Madang. Mereka beranggapan kontes itu sebagai ajang pamer aurat dan lebih baik diselenggarakan di luar Bogor.

Ketua MUI Kabupaten Bogor, KH Mukri Aji, Minggu  mengatakan ajang kontes kecantikan ini bertolak belakang dengan ajaran Islam dan budaya Bogor yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan kesopanan.  Dia mengkhwatirkan bakal mucul gejolak di masyarakat Bogor, seperti rencana konser Lady Gaga beberapa waktu lalu.

“Sudahlah, Bogor jangan dikotori. Bogor belum siap untuk kegiatan semacam ini yang berpotensi menimbulkan gejolak di masyarakat. Tolong perhatikan kearifan lokal dan psikologis masyarakat,” tandasnya seraya mengimbau masih banyak daerah lain yang bisa dipertimbangkan untuk menyelenggarakan kontes ini  seperti Bali.

Reaksi senada dilontarkan Ketua  Forum Umat Islam  (FUI) Bogor Ustad Iyus Khaerunnas  yang  tegas menolak pagelaran kecantikan tersebut. “Ormas Islam di Bogor tidak rela penyelenggaraan acara ini digelar di Bogor, sebab  tidak sejalan dengan budaya, adat istiadat dan keyakinan mayoritas masyarakat lokal,” katanya.

Di berharap pemerintah meninjau ulang rencana tersebut. “Tolong hormati Bogor. Dalam pandangan barat, perempuan dipandang terbuka. Hingga terbuka segala-galanya, karena yang dilihat keindahan. Padahal inilah simbol kebinatangan Jangan pernah acara tersebut digelar di Bogor. Bagi kami kontes itu simbol penghinaan,” tambahnya.

Sebelumnya, Panitia Miss World 2013 telah mendatangi Gubernur Jawa Barat Ahmad Herywan pada Kamis (4/4) di Gedung Sate, Bandung.  Kala itu Ahmad Herywan  mendukung acara ini dengan syarat tidak ada penampilan bikini.  “Ajang Miss World kali ini ini berbeda dengan ajang sejenis lainnya karena saat puncak acara tidak menggunakan bikini dan  lebih sopan,” kataya.

(iwan/sir)

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.