Kecelakaan Kerja di JICT Pelabuhan Priok

Rabu, 10 April 2013 — 19:02 WIB
training

TANJUNG PRIOK (Pos Kota) – Kecelakaan kerja menimpa Heri Iswanto, 28, saat menjalani training operator di Terminal II, JICT (Jakarta Internasional Container Terminal), Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara Rabu(10/4) sore. Heri tergencet portal saat memasuki kabin untuk mengoperasikan RTG (ruber trands gentrxy). Akibatnya, pinggul dan paha sebelah kanan korban mengalami patah tulang.

Kecelakaan tersebut berawal saat Heri dan rekannya melakukan training mengoperasikan RTG. Mereka naik ke tempat operator di ketinggian 30 meter melewati tangga manual. Satu pekerja berhasil masuk ke kabin. Namun saat giliran Heri masuk, pintu kabin tertutup, disertai menutupnya portal berbahan besi itu. Korbanpun tidak bisa menghindar dan tergencet.

“Kita lakukan evakuasi korban diketinggian 30 meter. Korban luka di pinggul dan paha, tergencet di besi tumpul,” kata Rukiyat, kepala seksi sektor Damkar Jakarta Utara di lokasi.

Kejadian ini berlangsung pukul 13.00. Proses pertolongan pertama dari pihak JICT. Namun karena proses tidak bisa dilanjutkan, akhirnya memanggil petugas pemadam kebakaran untuk menurunkan korban. Pukul 15.30, korban baru berhasil diselamatkan dan selanjutnya dibawa ke RS Port Medical Centre.

Hubertus Sirait, Manager Security JICT mengatakan, kecelakaan ini terjadi saat latihan. Dia tidak mau merinci kronologi kejadian. Sempat juga terjadi ketegangan dengan para jurnalis. Meski, suasana langsung terkendali. “Jadi, training operator yang terjepit. Jika ditanya apa human error tentu setiap kejadian ada human error itu,” katanya. (ilham)

Teks:Korban kecelakaan kerja dievakuasi petugas