Rabu, 10 April 2013 22:37:50 WIB

Posbindu PTM Layani Konseling Berhenti Merokok

rokok-2n

JAKARTA (Pos Kota)-  Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menyediakan konseling berhenti merokok bagi perokok yang ingin berhenti merokok.

Layanan konseling ini akan diintergariskan melalui kegiatan pos pembinaan terpadu penyakit tidak menular (Posbindu PTM).

Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (PP & PL) Kemenkes Prof Tjandra Yoga Aditama memaparkan rokok menjadi salah satu factor risiko utama timbulnya berbagai penyakit tidak menular seperti hipertensi, jantung, kanker dan stroke.

Karena itu sewajarnya pemerintah berupaya mengendalikan kegiatan merokok masyarakat.

“Perokok aktif dan pasif sama-sama memiliki risiko besar untuk terkena penyakit,” jelas Tjandra disela roundtable discussion hipertensi bagi tenaga kesehatan,  Rabu (10/4).

Selain melalui PP no 109 tahun 2012, pengendalian merokok dilakukan juga melalui Posbindu PTM ini. Sekelompok masyarakat, kalangan profesi, LSM, dan petugas kesehatan akan menjadi garda terdepan dalam pengelolaan Posbindu PTM tersebut.

Tjandra menyebutkan untuk memudahkan operasional Posbindu PTM, pihaknya akan mengintegrasikan dengan kegiatan yang sudah aktif berjalan baik di sekolah, tempat kerja, lingkungan tempat tinggal, karang taruna, majelis taklim, jemaat ibadah, klub jantung sehat, klub kesehatan lain, PKK, dharma wanita, pabrik, kelompok nelayan dan sebagainya.

Pola integrasi Posbindu PTM ini lanjut Tjandra akan memudahkan kegiatan monitoring risiko penyakit-penyakit tidak menular.

Selain konseling berhenti merokok, Posbindu PTM ini juga melayani konseling diet, dan sharing berbagai pengalaman pengobatan yang dilakukan masyarakat.

Baik pengobatan secara modern maupun pengobatan tradisional.

Tjandra berharap melalui Posbindu PTM ini penyakit tidak menular dan factor risikonya bisa dideteksi dan ditindaklanjuti secara dini.

Dengan demikian angka kesakitan, kematian dan kecacatan akibat penyakit tidak menular dapat lebih dikendalikan.

Hingga saat ini tercatat sudah lebih dari 5.000 Posbindu PTM yang beroperasi ditengah masyarakat. (inung/d)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.