Minggu, 5 Mei 2013 14:55:42 WIB

VCD dan DVD Dakwah Uje Laris Manis di Bandung

dvd3

BANDUNG (Pos Kota) – Meski sudah memasuki hari kesepuluh wafatnya   Ustad Jefry Al-Buchrori, masih menjadi bahan pembicaraan masyarakat di Kota Bandung, Jawa Barat. Kebaikan dan keikhlasan sang ustad selama di muka bumi merupakan perilaku yang tak bisa dilupakan.

“Almarhum sosok yang baik dan lurus. Kebaikannya masih  tetap memancar meski dia sudah meninggal,“ kata Yoyoh,50, pengecer VCD dan DVD bajakan di Bandung, Minggu.

Pancaran kebaikan almarhum ustad gaul, sangat dirasakan hingga ke pedagang kecil di Kota Kembang. Bisa dibayangkan ketika ustad meninggal 26 Mei, Jumat dinihari, akibat kecelakaan lalulintas, VCD maupun DVD almarhum mendadak laris manis. “ Kami bisa menghabiskan 90 keping,“ aku dia.

Angka penjualan sebanyak itu, lanjutnya, masih bertahan hingga Minggu (5/2) kemarin. Meski stok barang  ditambah tapi selalu ludes diborong pembeli.  “Hari ke tujuh pasca Ustad meninggal VCD dan DVD-nya terjual sampai 80 keping. Luar biasa.. ”

Larisnya angka penjualan kaset almarhum Uje tidak lantas membuat senang penjual di kota Bandung. Mereka senantiasa merenung sambil melayani pembeli. “ Setiap ada yang beli kaset kami selalu merenung. Faktanya orang baik itu akan dikenang meski sudah meninggal. Almarhum Uje sangat baik, semoga diterima amal ibadahnya,“ kata Diding,38, pedagang lainya, yang mangkal di Cicadas Bandung.

Diding sendiri mengaku, menjual VCD dan DVD bajakan yang paling terlaris selama ini saat ustad Uje meninggal. Pembeli kaset rekaman dakwahnya mendadak membludak bahkan per hari bisa tembus 90 keping. “ Kami menjual kaset Rp 10 ribu per 2 keping. Agak murah, karena kaset ini bajakan,“.

Begitu pun pengecer DVD dan VCD bajakan di pusat bajakan laset  kota Kembang di Jalan Dalem Kaum Bandung, mengakui ketika  Uje meninggal permintaan pasar kaset almarhum mendadak meningkat luar biasa. “ Kami tidak tahu persis jumlahnya, tapi permintaan pasar kaset almarhum sangat luar biasa,“ kata seorang pengecer.

Memang, Uje adalah sosok ustad yang, jujur,  merakyat dan merendah kepada siapa pun.  Almarhum senantiasa menjaga hati dalam berdakwah. “Sosok perilaku seperti itu yang sangat dirindukan rakyat Indonesia. Kami haus sosok pemimpin seperti almarhum Uje,“ komentar beberapa pedagang VCD di Bandung.

(dono/sir)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.