Rapat Pemutahiran DPT Cilegon Berlangsung di Restoran

Senin, 6 Mei 2013
rapres65

CILEGON (Pos Kota) – Untuk mewaspadi kisruh daftar pemilih tetap (DPT) yang sering kali terjadi pada pemilihan umum, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon menggelar rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih dengan anggota PPK dan PPS se Kota Cilegon.

Rapat di rumah makan di Kota Cilegon, Senin (6/5) juga dihadiri Ketua Panwas Kota Cilegon Achmad Achrom, anggota Komisioner KPU Cilegon, Pokja Daftar Pemilih Tetap Fathullah, serta Pokja Pendaftaran Bacaleg H Habibi Aliburton.

Ketua KPU Cilegon Syaeful Bahri mengatakan, ada target yang harus dibenahi pada Pemilu 2014 nanti, terlebih pemilu nanti berbasis IT (informasi teknologi).

“Momentum pemilu 2014 adalah berbasis IT. Karena itu maka beberapa tahapan yang harus dilakukan sejak parpol sistem IT bernama SIPOL. Ketika tahapan pendaftaran pencalegan muncul SILON. Semua tahapan dibangun sistem tekhnologi,” katanya.

Disebutkan bahwa berbagai problem yang didapatkan oleh PPK dan PPS adalah keterkaitan dengan DPT yang sekarang menggunakan sistem IT. Jangan sampai pada pemilu 2009 lalu, kejadian itu terulang.

“Problem Pemilu 2009 adalah menjadi catatan hitam oleh DPR RI, MK, Komnas HAM, yakni kisruh DPT. Jangan sampai itu terjadi di Kota Cilegon. Apapun pemilunya yang sering menjadi gugatan adalah tahapan DPT yang terjadi akibat 3 penyakit, yakni kudis (kurang disiplin), kurap (kurang rapih) dan kutil (kurang teliti),” kata Syaeful.

Ketua Pokja DPT Fathulah Hasyim mengatakan, pertemuan ini merupakan tindak lanjut terkait penjelasan praktek sistem informasi data pemilih terhadap Ketua PPK se-Kota Cilegon.

“Sistem baru IT ini adalah produk dari ITB. Tapi kita punya data awal sebagai pembanding yang akan disiapkan supaya lebih mudah untuk menangani DPT. Kami berharap seluruh parpol ikut serta mencocokan dan meneliti DPT,” kata Fathulah. (haryono)

Teks : Rapat pemutahiran DPT Cilegon

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.