Warga Tangsel Masih Enggan Urus eKTP

Sabtu, 11 Mei 2013 — 19:38 WIB
Perekaman data untuk e-KTP
Perekaman data untuk e-KTP

SERPONG (Pos Kota) – Ribuan warga perumahan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) banyak yang mangkir untuk membuat KT Elektronik (e-KTP) dengan berbagai alasan. Mereka diminta secepatnya mengurus pembaharuan e-KTP karena tahun 2014 KTP konvensional tak berlaku.

“Kebanyakan warga yang belum memperbaharui atau pembuatan e KTP hingga Mei 2013 ini bermukim atau berada di sejumlah perumahan atau pemukiman baru di tujuh kecamatan,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tangsel, Toto Sodarto didampingi Kepala Bidang Kependudukan setempat Yusuf Ismail, Minggu (11/5).

Menurut dia, alasan tak membuat E KTP berbagai macam mulai dari waktu yang tak ada hingga tidak ada pelayanan sistem jemput bola malam atau siang hari ke lingkungan setempat serta pemilik rumah tak tinggal di kompleks atau perumahan yang bersangkutan tapi hanya sekedar numpang nama dan keluarga saja.

Pihaknya, tambah dia, sudah berulang kali menginformasikan serta melakukan sosialisasi berkaitan dengan E KTP di kelurahan setempat tapi terkesan tak dianggap dan malah dibiarkan saja sehingga pihak pengurus RT dan RW di kelurahan tersebut kecewa.

“Kasihan pengurus RT dan RW yang sudah mau bekerjasama tapi tak ditanggapi serius warga setempat,” tuturnya.

Program E KTP ini merupakan program pemerintah yang nantinya KTP konvensional tak berlaku lagi dalam tahun 2014 mendatang dan dikhawatirkan malah nantinya akan mendapatkan persoalan bagi warga yang belum memiliki E KTP tersebut.

Untuk kegiatan perekaman E KTP tak lagi dilakukan di kantor kelurahan setempat tapi di kantor kecamatan paling lambat akhir Juni 2013 mendatang.

MASIH TERSISA 207 RIBU

Dari data yang ada jumlah warga yang belum membuat e KTP mencapai 270 ribu orang bukan 107 ribu jiwa/orang ini karena adanya perubahan angka wajib E KTP di Kota Tangsel yang mencapai 880.691 jiwa dari sebelumnya hanya 760.097 jiwa.

Ditambahkan Yusuf, hingga akhir April 2013 ini warga yang sudah terekam datanya di e KTP mencapai 672.841 jiwa jadi masih ada tersisa 207 ribu jiwa yang belum terdaftar e KTP yang kegiatan diperpanjang hingga akhir Juni 2013 ini sesuai dengan SK Mendagri.

Untuk memenuhi target sesuai data yang ada, imbuhnya, jajaran Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tangsel kembali mengirimkan surat undangan kepada warga yang belum melakukan perekaman E KTP khususnya di sejumlah lingkungan perumahan baru dan lainnya.

“Kami sudah minta pihak kecamatan untuk makin gencar mengingatkan. Ini terkait dengan program nasional soal identitas. Ditargetkan Juni mendatang sudah selesai koq,” janjinya. (anton/d)

  • teguh Priyatno

    saya sudah melakukan perekaman EKTP selama 4 bulan lebih sampai sekarang EKTP belum jadi bagaimana mau cepat selesai, belum ditambah kesalahan dalam pencetakan EKTP pembetulannya juga dipersulit