Senin, 27 Mei 2013 13:14:39 WIB

Gusur Kaki-5 Dekat Stasiun Duri, Pedagang dan Petugas Bentrok

pembongkaran-st-Duri

TAMBORA (Pos Kota) – Penggusuran pedagang Kaki-5 dan sejumlah bangunan yang berada di dekat Stasiun Duri, Tambora, Jakarta Barat, diwarnai bentrokan polisi dengan pedagang, Senin (27/5).

Bentrokan terjadi saat petugas dari PT.KAI, membongkar paksa lapak para pedagang. Mereka yang mengaku telah membayar sewa lapak pun tidak terima dengan pembongkaran tersebut.

“Pak polisi dan aparat semuanya, kami tegaskan bahwa kami disini bayar dan tidak asal menempati,” teriak seorang pedagang. Meski demikian, petugas tidak menghiraukannya.

Lantaran kesal, para pedagang pun melempari petugas dengan batu dan botol yang diduga telah disiapkan. Petugas yang merasa terancam, akhirnya melepaskan tembakan dan gas air mata.

Meski terus melakukan perlawanan, massa pun akhirnya dipukul mundur petugas hingga berhamburan. Dalam bentrokan tersebut, belasan petugas dan pedagang terluka.

Kepala Humas PT.KAI, Mateta Rizalulhaq, mengatakan penertiban tersebut telah disosialisalan sebelumnya. “Bahkan kita sudah beri waktu 6 bulan, tapi tidak dihiraukan,” tegasnya.

Menurutnya, penggusuran tersebut dilakukan untuk merevitalisasi Stasiun Duri. “Mengenai adanya uang sewa terhadap pedagang, itu dulu dan tidak diperpanjang lagi,” jelasnya.

(deny/sir)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.