Resmi Gabung Barcelona, Neymar Sempat ke Madrid

Selasa, 28 Mei 2013 — 11:42 WIB
neymar

MADRID (Pos Kota) – Bomber Santos, Neymar da Silva akhirnya resmi bergabung dengan Barcelona musim depan. Namun siapa yang sangka jika pemain yang mengikat kontrak dengan durasi lima tahun di Camp Nou itu pernah sempat ke Madrid pada tahun 2005 silam. Kisah itu diceritakan ayah Neymar, seperti dikutip Marca.

Tepatnya, pada bulan Januari 2005, Neymar yang saat itu baru berusia 13 pergi ke Madrid selama 20 hari untuk menjalani tes di akademi Real Madrid. Permainan Neymar sempat memikat perhatian salah satu direktur Madrid, Emilio Butragueno, bahkan diberikan perlakuan istimewa. “Kami diundang untuk mengunjungi klub, bahkan kami diberikan perlakuan istimewa. Mereka menyediakan mobil yang mengantar sampai ke sesi pelatihan setiap hari,” aku sang ayah.

Sayang, saat itu Neymar akhirnya memilih pulang ke Brasil setelah Santos mengiming-iming keluarganya dengan sejumlah uang yang lebih besar. Kini Neymar pun telah resmi menjadi pemain Barcelona dengan biaya transfer yang cukup luar biasa. Media-media di Spanyol menyebut biaya transfer Neymar ke Barca mencapai 32 juta euro (setara Rp405,6 miliar). Tetapi AS mengabarkan, jika Barca mengeluarkan dana lebih besar, yakni sekitar 72 juta euro (setara Rp912,649).

Menurut AS, jumlah 32 juta euro merupakan dana yang disetor Barca kepada Santos serta pihak ketiga yang mempunyai hak kepemilikan Neymar. Sementara yang 40 juta euro diberikan klub La Liga itu untuk Neymar serta ayahnya. Selain itu, AS juga meyakini jika pada musim panas lalu Barcelona dan Neymar juga telah menyepakati perjanjian pra kontrak senilai 10 juta euro. Artinya, total transfer Neymar mengalahkan transfer Zlatan Ibrahimovic musim pada musim 2009-10.

Selama lima tahun di Camp Nou, Neymar juga dikabarkan bakal menerima gaji sebesar 7 juta euro (sekitar Rp 88,5 miliar) per tahun. “Merekrut Neymar adalah sebuah kabar besar. Ini akan menjadi luar biasa. Namun bagaimana pun juga Lionel Messi adalah penguasa utama dalam skuad kami dan Neymar harus beradaptasi dengan tim, terutama dengan permainan Messi,” sambut bek Barcelona, Martin Montoya.

(junius/sir)