PLIPMAS Tempat Pengaduan Warga Purwakarta

Rabu, 29 Mei 2013 — 8:01 WIB
plipmas295

PURWAKARTA (Pos Kota) – Untuk ketiga kalinya, Bandung Trust Advisory Group (B_Trust) ‘bidani’ berdirinya lembaga baru di lingkungan Pemkab Purwakarta. Lembaga baru itu bernama PLIPMAS (Pusat Layanan Informasi dan Pengaduan Masyarakat) dan resmi dibuka untuk melayani pengaduan masyarakat pada Selasa (28/5) oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

Setelah sebelumnya, B_Trust juga telah ‘membidani’ terlahirnya BPMPTSP (Badan Penanaman Modal Terpadu Satu Atap) dan LPSE di lingkungan Pemkab Purwakarta. “Di Jawa Barat, baru Purwakarta yang menggandeng kita membentuk lembaga atau badan pelayanan terpadu. Alhamdulillah, hasilnya positif bahkan BPMPTSP beberapa waktu lalu mendapat penghargaan dari BKPM terkait badan pelayanan terpadu satu atap yang sehat,” ujar Manager B_Trust Moch Ikbal usai peresmian Kantor PLIPMAS.

Di tempat yang sama Direktur Senior B_Trust, Siswanda menjelaskan, PLIPMAS Kab Purwakarta merupakan pilot program pertama B_Trust dalam mendampingi Pemkab membangun sistem pengaduan publik.”Hal ini untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat menyampaikan keluhan dan bagi pemkab bisa dengan cepat menindaklanjuti keluhan dan pengaduan masyarakatnya,”ujarnya.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, mengatakan, sebelum terbangun PLIPMAS, pihaknya membuka layanan pengaduan melalui SMS yang masuk ke telepon seluler dirinya. ” Setiap hari, ada 200 SMS dari warga masuk ke HP saya ini, berisi pengaduan biaya pendidikan mahal, pelayanan rumah sakit pemerintah yang amburadul, buruknya infrastruktur jalan sampai permintaan listrik desa (lisdes) gratis. Satu persatu persoalan itu telah diselesaikan dan 2014 program pembangunan selesai. Karena infrastruktur jalan sudah leucir sampai ke gang kecil,” papar Dedi. (dadan)

Teks : Kantor PLIPMAS di Purwakarta