Selasa, 18 Juni 2013 13:39:55 WIB

Agung Laksono: Pemberian PNPM Berakhir 2014

agung-laksono-di-kpk

JAKARTA (Pos Kota) – Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) akan berakhir sampai berakhirnya pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, 2014. Tahun 2015 dilanjutkan atau tidak PNPM bergantung pemerintah baru.

“Apakah akan dilanjutkan atau tidak PNPM ini tergantung pemerintahan yang baru hasil Pemilu 2014,” kata Menko Bidang Perekonomian Agung Laksono dalam pidatonya saat membuka Rakernas PNPM Mandiri Perdesaan, di Jakarta, Selasa. Hadir di acara Mendagri Gamawan Fauzi.

Agung Laksono mengharapkan semua pihak tidak perlu khawatir PNPM ini akan dihentikan, karena banyak calon presiden sekarang dalam pernyataannya mem komitmen untuk mempertahankan PNPM dalam penanggulangan kemiskinan.

Agung menegaskan PNPM Mandiri perdesaan telah memberikan hasil yang positif, terutama berupa keterlibatan dan partisipasi aktif  masyarakat, tersenggaranya integrasi perencanaan pembangunan, pengorganisasia masyarakat dalam mengelola kegiatan di tengah masyarakat, serta proses demokratisasi dalam pengambilan keputusan oleh masyarakat.

Gamawan sendiri dalam sambutannya mengatakan, dari mulainya PNPM dilaksanakan Tahun 2007 ada beberapa kekurangan yang perlu dievaluasi  dalam pelaksanaannya diantaranya, belum adanya sistem pendataan yang akurat dan terintegrasi.

PNPM ini, menurut Gamawan, luar biasa baik dalam menanggulangi kemiskinan, dan banyak negara yang mengapresiasi program kita ini, beberapa waktu yang dari Afrika Selatan yang melakukan studi tentang PNPM ini.

“Kekurangan lainnya, adalah tidak tepatnya sasaran dalam program ini,” kata mantan gubernur Sumatera Barat ini.

(johara/sir)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.