Kapal Perang TNI AL dan Malaysia Amankan Selat Malaka

Selasa, 18 Juni 2013
kapal-sub

JAKARTA (Pos Kota) – TNI Angkatan Laut dan Tentara Laut Diraja Malaysia kembali menggelar operasi pengamanan di Perairan Selat Malaka dengan sandi Patroli Terkoordinasi Malaysia-Indonesia (Patkor Malindo) 2013 yang diawali dengan kedatangan dua kapal perang dari Malaysia pada tanggal 17 Juni 2013 di Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan, Sumatera Utara.

Patkor Malindo yang digelar Gugus Keamanan Laut Komando Armada RI Kawasan Barat (Guskamlaarmabar) dengan Komandan Laksamana Pertama (Laksma) Arusukmono, merupakan operasi pengamanan di perairan Selat Malaka yang melibatkan dua kapal perang dan pesawat udara TNI Angkatan Laut serta dua kapal perang Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM).

Patroli Terkoordinasi tersebut, dilaksanakan di wilayah perairan masing-masing negara secara terkoordinasi. Unsur  Kapal Perang TNI Angkatan Laut tersebut yaitu KRI Viper-820 dan KRI Sikuda-863, sedangkan unsur Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM) yaitu KD Handalan-3512 danKD Ganyang-3504.

Kegiatan operasi pengamanan Selat Malaka Indonesia-Malaysia itu merupakan yang ke-120 kali. Patkor Malindo digelar sepanjang tahun secara bertahap sebanyak empat kali dalam kurun waktu yang telah ditetapkan bersama oleh angkatan laut kedua negara.

Pengamanan perairan Selat Malaka yang ramai dilalui kapal niaga dan kapal perang  selama ini dilakukan oleh tiga negara pantai, yakni Indonesia, Malaysia dan Singapura. Operasi terkoordinasi bersama antartiga negara pantai itu dilakukan, baik secara bilateral maupun trilateral.

Patroli koordinasi yang dilakukan secara bilateral yaitu Indonesia-Malaysia (Patkor Malindo), Indonesia-Singapura (Patkor Indosin). Sedangkan patroli koordinasi secara trilateral yakni Malaysia, Singapura dan Indonesia dikenal dengan Patkor Malsindo.

(dispenarmabar/sir)

 
Teks Gbr- KRI VIPER-820 : KRI Viper-820 yang terlibat Patkor Malindo 2013 melakukan operasi pengamanan di Perairan Selat Malaka.

Terbaru
Terpopuler
Jerman Antisipasi Aktifitas Jihadis
Jumat, 31 Oktober 2014
Agama
Internasional
Tiongkok Tangkap Ratusan Koruptor
Jumat, 31 Oktober 2014
Korupsi
Menkop dan UKM
Kredit Macet KUR Sudah Lampu Merah
Jumat, 31 Oktober 2014
Ekonomi
Karena Wilayah Besar
Mendagri Prioritaskan Pembentukan 2 Provinsi Baru di Papua
Jumat, 31 Oktober 2014
Politik
Diserahkan ke Polsek
Posal Koarmabar Amankan Narkoba Dari Kapal Motor
Jumat, 31 Oktober 2014
Hankam
Panglima TNI Beri Ceramah ICIS di Ponpes
`Bersama Rakyat TNI Kuat dan Bersama TNI Rakyat Kuat`
Jumat, 31 Oktober 2014
Hankam
Gerak Senyap dan Taktis
Prajurit Taipur Kostrad Hancurkan Musuh
Jumat, 31 Oktober 2014
Hankam
Setelah Jalani Operasi
Gumawan Minta Maaf Baru Bisa Sertijab Dengan Tjahjo Kumolo
Jumat, 31 Oktober 2014
Politik
Reka Ulang Pembunuhan Tukang Parkir
Istri Korban Minta Pelaku Dihukum Mati
Jumat, 31 Oktober 2014
Pembunuhan dan Penganiayaan

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.