Dikucurkan Dana Rp 32 Miliar

Jalan Fatmawati Dilebarkan

Selasa, 10 September 2013 — 8:25 WIB
jalfat109

JAKARTA (Pos Kota) – Pengerjaan moda angkutan massal, Mass Rapid Transit (MRT) terus dilakukan. Setelah mengekplorasi kondisi tanah, kini proyek pelebaran Jalan Fatmawati akan kembali dilanjutkan.

Pelebaran dilakukan mulai dari Depan ITC Fatmawati hingga Pasar Blok A. Dalam pengerjaan ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta menyiapkan dana sebesar Rp32 miliar. Ditargetkan pada akhir tahun ini pelebaran selesai dikerjakan.

Kepala Dinas PU DKI Jakarta, Manggas Rudi Siahaan, mengatakan pelebaran jalan dikerjakan oleh PT Jaya Konstruksi.

“Iya sedang dilakukan pelebaran jalan untuk mendukung pembangunan MRT. Karena memang diperlukan jalan yang lebar khususnya untuk lokasi stasiun,” kata Manggas di Balaikota, Senin (9/9).

DMJ KEMBALI
SEPERTI SEMULA

Dikatakan Manggas, sebagian lahan yang dilebarkan membutuhkan pembebasan lahan. Namun hal tersebut merupakan kewenangan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan. “Kami hanya melakukan pelebaran jalan saja,” ujarnya.
Pelebaran bervariasi mulai dari 2-5 meter di kedua sisi. Hal tersebut disesuaikan dengan trase jalan hingga daerah milik jalan (DMJ) kembali seperti semula.

“Trase awalnya yakni selebar 6-7 meter di masing-masing sisi,” katanya.

Sementara itu, terkait dengan penebangan pohon yang terkena pelebaran jalan, menurut Manggas, kewenangannya berada di Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta.

SECARA BERTAHAP

Sebelumnya pelebaran Jalan Fatmawati juga telah dilakukan mulai dari Jalan TB Simatupang hingga Cipete atau sepanjang 1,7 kilometer, pada 2012 lalu. Pelebaran Jalan Fatmawati memang dilakukan secara bertahap, untuk mengindari kemacetan lalu lintas.

Terkait kelanjutan pembangunan MRT, eksplorasi tanah telah dilakukan PT MRT untuk mengetahui kondisi bawah tanah ibukota. Dengan menggunakan radar, pengerjaan yang baru akan selesai 15 September mendatang akan menentukan apakah topografi ibukota layak dibangun kereta bawah tanah. (guruh/st/o)

Teks : Pemprov DKI akan melebarkan Jalan Fatmawati di Jakarta Selatan