Warga Terganggu Pembangunan Rusunawa

Jumat, 29 November 2013 — 7:07 WIB
jatila2911

PULOGADUNG (Pos Kota) – Warga di RW 01 dan 02 merasa terganggu dengan proyek pembangunan Rusunawa Jatinegara Kaum. Pasalnya, pembangunan dilakukan tak kenal waktu hingga warga merasa tak nyaman.“Pekerjaan dilaksanakan sepanjang 24 jam. Kami tidak bisa istirahat,” kata Dewi, warga RW 01.

Disebutkan, keluhan ini sudah berlangsung beberapa lama dimana pekerjaan pemancangan tiang menjadikan suara bising. Begitu pun debu juga dikeluhkan karena sampai ke lingkungan warga. “Jangan karena membantu orang kecil tetapi kami menjadi korban,” kata warga lain.

Informasi yang dikumpulkan, Rusun Jatinegara Kaum akan dibangun dua blok dari lima blok yang ada. Pembangunan dua blok direncanakan selesai Juli 2014. Sedangkan tiga blok lainnya akan mulai dibangun tahun depan dan selesai pada tahun 2015.

Pembangunan Rusun ini juga disebutkan akan dipergunakan untuk warga relokasi dari penataan Kali Ciliwung. Pembangunan dua Rusun tersebut akan menghabiskan anggaran sekitar Rp20-21 miliar per rusun.

Asep, staf di Kelurahan Jatinegara Kaum, mengakui sudah mendengar adanya keluhan warga. Namun diakui belum ada laporan yang diterimanya di kelurahan.

Camat Pulogadung. Teguh Hendarwan, mengatakan belum menerima laporan dimaksud. Namun, dia menyatakan akan mengecek ke lapangan untuk mendapat informasinya.

Keluhan atas pembangunan Rusun ini juga pernah disampaikan warga dan mahasiswa terkait pembangunan Rusun Jatinegara di eks gedung dinas di RW 01 Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur. Sekelompok mahasiswa bahkan menggelar demo karena merasa terganggu kuliahnya.

Selain masalah lingkungan, kebisingan juga kerap terjadi mana kala pengerjaan dilakukan saat mahasiswa tengah melakukan kegiatan belajar. Masalah lain, kata Ubaydilah, mahasiswa saat itu, mengenai keberadaan masjid yang terancam dibongkar. (chotim)